Keterangan gambar:
4 & 1. Upward stroke (Langkah piston ke atas).
Piston bergerak ke atas dari Titik Mati Bawah (TMB) menuju Titik Mati Atas (TMA), campuran udara dan bahan bakar yang tadinya standby di crankcase mengalir masuk ke dalam ruang bakar melalui scavenging passage hingga piston scavenging passage tertutup oleh piston. Sebaliknya gas hasil pembakaran secara terus menerus dikeluarkan hingga exhaust port tertutup. Saat lubang exhaust tertutup oleh gerakan piston yang menuju TMA, campuran udara dan bahan bakar ditekan, sehingga tekanan dan temperaturnya meningkat. Pada saat yang sama, intake port terbuka pada akhir langkah kompresi sehingga udara segar terhisap masuk ke dalam crankcase.
Piston bergerak ke atas dari Titik Mati Bawah (TMB) menuju Titik Mati Atas (TMA), campuran udara dan bahan bakar yang tadinya standby di crankcase mengalir masuk ke dalam ruang bakar melalui scavenging passage hingga piston scavenging passage tertutup oleh piston. Sebaliknya gas hasil pembakaran secara terus menerus dikeluarkan hingga exhaust port tertutup. Saat lubang exhaust tertutup oleh gerakan piston yang menuju TMA, campuran udara dan bahan bakar ditekan, sehingga tekanan dan temperaturnya meningkat. Pada saat yang sama, intake port terbuka pada akhir langkah kompresi sehingga udara segar terhisap masuk ke dalam crankcase.
2 & 3. Downward stroke (Langkah Pistonke bawah).
Campuran udara dan bahan bakar yang dimampatkan kemudian diberi percikan bunga api oleh spark plug/busi yang memicu terjadinya pembakaran, sehingga tekanan dan temperatur diruang bakar meningkat. Hal tersebut memaksa piston terdorong kearah TMB, pada akhir langkah ini exhaust port terbuka dan gas hasil pembakaran mulai keluar melalui exaust port. yang diikuti oleh masuknya campuran udara dan bahan bakar yang tadinya standby di crankcase mengalir masuk ke dalam ruang bakar.
Hal diatas terjadi secara terus menerus selama engine beroperasi untuk menghasilkan tenaga.
Kesimpulan: dua kali langkah piston atau satu kali putaran crankshaft menghasilkan satu kali tenaga.
Aplikasi
1. Generator set (Powered 2 stroke V8 engine diesel)
Campuran udara dan bahan bakar yang dimampatkan kemudian diberi percikan bunga api oleh spark plug/busi yang memicu terjadinya pembakaran, sehingga tekanan dan temperatur diruang bakar meningkat. Hal tersebut memaksa piston terdorong kearah TMB, pada akhir langkah ini exhaust port terbuka dan gas hasil pembakaran mulai keluar melalui exaust port. yang diikuti oleh masuknya campuran udara dan bahan bakar yang tadinya standby di crankcase mengalir masuk ke dalam ruang bakar.
Hal diatas terjadi secara terus menerus selama engine beroperasi untuk menghasilkan tenaga.
Kesimpulan: dua kali langkah piston atau satu kali putaran crankshaft menghasilkan satu kali tenaga.
Aplikasi
1. Generator set (Powered 2 stroke V8 engine diesel)
2. Motorcycle (Ninja RR 250)

3. Chainsaw, dll.
chi, kaya nya da yang kurang! coba kamu masuk kan "kata pencarian" tentang blog mu di google search pasti blog mu gak tampil,.,.,.hehehehe cz URL nya lom kamu masukin,.,.,.masukin lah chi biar bermanfaat buat yang laen,..
BalasHapus(thank's request na dah di muat,.,.^_^)